Saturday, September 24, 2011

Bagaimana Roh Kudus mengubah kita?(Bahagian 1)

Kisah Para Rasul 1: Ia akan mengubah cara Anda mendengar

Sebelum Tuhan Yesus naik ke syurga, Ia berpesan kepada para murid untuk tidak meninggalkan Yerusalem, tetapi menantikan janji Bapa bagi siapa yang mendengar perkataan-Nya (Kisah Para Rasul 1:4). Ia berkata,"Sebab Yohanes membaptis kamu dengan air, tetapi tidak lama lagi kamu akan dibaptis dengan Roh Kudus" (Kisah Para Rasul 1:5)

Perintah Tuhan ini agak susah difahami. Mereka mengenal persekutuan dengan Yesus tetapi tidak tahu apa erti dibaptis dengan Roh Kudus. Mereka tidak berkarya dengan telinga, mereka mendengar dengan hati. Seratus dua puluh orang Kristian berkumpul di Ruang atas dan mulai berdoa.

Kisah Para Rasul 2: Ia akan mengubah cara Anda berbicara.

Ketika Roh Kudus turun, cara mereka berbicara berubah. Mereka mulai "berbicara dalam bahasa-bahasa lain, seperti yang diberikan oleh Roh itu" (Kisah Para Rasul 2:4)

Dengan kuasa yang diterimanya pada Hari Pentakosta, Petrus menyampaikan pesan Kristus dan jemaat 3000 orang ditambahkan pada gereja. Seorang penganut aliran Episkopal, Dennis Bennet, dalam buku, The Holy Spirit and You, mengatakan:
"Ia melimpahi mereka sehingga mereka bisa memberikan pengaruh pada dunia sekitar, memberikan ilham kepada mereka utk memuji dan memuliakan Allah, tidak hanya dalam bahasa mereka sendiri ttp jg dalam bahasa-bahasa lain. Dan ketika melakukan hal itu, mereka menyerahkan lidah mereka untuk dipakai-Nya, membebaskan roh mereka, memperbahrui fikiran mereka, menyegarkan tubuh mereka dan memberikan mereka kuasa untuk bersaksi.

Kisah Para Rasul 3: Ia akan mengubah penampilan Anda.

Orang-orang yang memiliki urapan kuat dalam hidup mereka akan kelihatan muda, tidak peduli berapa pun usia mereka, mata mereka bercahaya dan mereka kuat secara fizikal.

Setelah dipenuhi dengan Roh Kudus, Petrus dan Yohanes pergi ke gerbang Bait Allah dan dimintai wang oleh seorang pengemis. Mereka berkata kepadanya "Pandanglah kami" (Kisah Para Rasul 3:4) kerana kuasa dan keberanian yang nyata telah trun atas mereka karena kehadiran Allah.

Bukan memberi wang, Petrus malah berkata, "Emas dan perak tidak ada padaku, tetapi apa yang kupunyai, kuberikan kepadamu: Dalam nama Yesus Kristus, orang Nazaret itu, bangkit dan berjalanlah!" (ayat 6)

pengemis yang tempang itu melompat berdiri dan mulai berlari, melompat dan memuji Allah. Ketika orang-orang melihat apa yang terjadi, "...mereka takjub dan tercengang tentang apa yang telah terjadi padanya"(ayat 10)

Kisah Para Rasul 4 : Ia akan mengubah perilaku Anda

Kerana Roh Kudus, perilaku Petrus dan Yohanes berubah secara drastik setelah Hari Pentakosta. Mereka tidak takut kepada orang-orang Yahudi, sebaliknya mereka mengabarkan Injil dengan penuh keyakinan. "Ketika sidang itu melihat keberanian Petrus dan Yohanes dan mengetahui bahwa keduanya orang biasa yang tidak terpelajar, hairanlah mereka; dan mereka mengenal keduanya sebagai pengikut Yesus" (Kisah Para Rasul 4:13)

Persekutuan dengan Roh Kudus memberi Anda:
  • Keberanian untuk menghampiri Allah
  • Keberanian kepada manusia
  • Keberanian melawan iblis
Apa yang memberi Daud kekuatan untuk berperang melawan Goliat? Apa yang menguatkan Paulus berdiri di hadapan Raja Agripa dan berkeras bahwa Yesus masih hidup? ROH KUDUS ALLAH.
Ia masih bekerja untuk mengubah sikap kita.


Kisah Para Rasul 5: Ia akan mengubah pengalaman Anda dengan Roh Kudus

Petrus mempunyai seorang sahabat baru yang mungkin tidak nyata bagi orang lain, tetapi nyata bagi Dia. Ia berkata kepada Sanhendrin, kepala pengadilan Yahudi, "Kamilah saksi dari peristiwa-peristiwa itu, kami dan Roh Kudus yang dikaruniakan Allah kepada semua orang yang menaati Dia" (Kisah Para Rasul 5:32).

Para murid tidak mengatakan, "Kami adalah saksi-Nya, demikian juga Maria Magdalena." atau, " Demikian juga para tentera yang ada di sana". Roh Kudus nyata bagi mereka, dan bukti kehadiran-Nya dalam hidup bisa dilihat oleh semua orang. "Allah juga meneguhkan kesaksian mereka dengan tanda-tanda dan mukjizat-mukzizat dan dengan berbagai-bagai pernyataan kuasa dan pemberian Roh Kudus, yang dibagi-bagikan-Nya menurut kehendak Nya" (Ibrani 2:4). Inilah sebahgian dari kuasa yang Yesus janjikan sebelum Ia terangkat di syurga (Kisah Para Rasul 1:8)

Betapa menyenangkan memiliki Roh Kudus sebagai Teman dan Sahabat anda, serta dapat menikmati kehadiran-Nya setiap saat.
Reactions:

No comments:

All rights reserved by Catholic Youth of St.Paul unless stated.